Pengetahuan Tentang Batu Permata

Sekilas tentang Batu Permata
Hasrat manusia terhadap perhiasan batu permata serta suatu benda yang indah untuk mempercantik diri telah berlangsung ribuan tahun. Perhiasan berbentuk cincin, kalung atau gelang yang dikenakan manusia sebagai media sugesti atau pembawa keberuntungan juga telah berakar sejak ribuan tahun silam.

Di blok ini saya ingin membagi pengetahuan tentang batu permata yang umumnya sangat minim diketahui oleh masyarakat awam. Dan semoga tulisan saya ini dapat memberikan sedikit masukan berharga kepada para pembaca yang ingin memulai mengoleksi atau pun yang telah lama berkecimpung dalam dunia batu permata.

Unsur yang sangat penting dalam menilai batu pertama disebut dengan 4C, yaitu :
1. Color : warna sangat berperan besar dalam menilai batu permata. batu permata yang memiliki warna yang indah tentu saja bernilai lebih berharga dari pada batu permata lain nya yang memiliki warna yang kurang baik.

2. Cutting : model potongan, juga sangat mempengaruhi nilai akhir dari sebuah batu permata, dimana potongan yang baik akan membuat sebuah nilai batu permata melambung harga nya dan sebalik nya potongan yang buruk dan cacat akan membuat batu yang indah pun menjadi kurang baik penampilan dan tentu saja mengurangi harganya.

3. Clarity : kebersihan sebuah batu permata juga merupakan satu nilai tertentu dalam menilai batu permata, dimana batu permata yang emiliki banyak titik (inclusion) akan menjadi lebih murah dibanding batu permata yang bersih dari kotoran.

4. Carat : berat bersih dari batu permata, 1 carat adalah 0,02 gram. dimana semakin berat dan besar sebuah permata tentu nya semakin susah dan jarang didapat, yang mengakibatkan harga nya menjadi jauh lebih mahal.


Untuk para pemakai batu permata yang ingin membeli batu permata ada 3C lagi yang menjadi tambahan saat berbelanja batu permata, yaitu:
1. Chemistry
Dimana rasa suka sang calon pemakai batu permata terhadap batu permata yang akan dibeli harus lah sangat diperhatikan, karena semahal apa pun batu permata bila tidak ada rasa suka memakai atau memilikinya maka hilang lah nilai sentimentil dari batu permata tersebut. Jadi sangat disaran kan untuk mengikuti perasaan pribadi dalam memilih batu permata dan tentu saja didampingi oleh pengalaman dari 4C sebelumnya.

2. Confidence
Anda harus yakin bahwa batu permata yang anda beli adalah natural, tentu saja harus diteliti dengan baik.

3. Certificate
Sertifikat akan sangat membantu para pembeli batu permata yang tinggi nilai nya dalam melihat atau menilai keseluruhan dari batu permata tersebut. (treatment, origin dll)

Posting Komentar

0 Komentar