HASIL PILKADA SUMSEL 2013: Survei LSI Diprediksi Berlangsung Dua Putaran

PALEMBANG – Perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah Provinsi Sumatra Selatan diprediksi  berlangsung sengit berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga.

Hasil survey oleh Lembaga Survey Indonesia Sumatra Selatan (LSI SS) , misalnya menunjukkan bahwa persaingan perolehan suara terutama terjadi untuk kandidat nomor urut 4, Alex Noerdin – Ishak Mekki dengan pasangan kandidat nomor urut 2 Iskandar – Hafisz Tohir.

Ketua LSI-SS Ferry Mahadi mengatakan menghitung tingkat elektabilitas dua kandidat yang terpaut tipis.

“Kedua pasangan memiliki selisih tipis dalam tingkat elektabilitas, melihat hasil survei ini bisa diperkirakan pilkada dapat berlangsung dua putaran,”katanya, Senin (3/6).

Survey yang dilakukan pada 17Mei – 27 Mei 2013 di 15 kabupaten/kota itu menunjukkan elektabilitas Iskandar -Hafisz sebanyak 351 suara atau 23,40%. Disusul oleh pasangan Alex – Ishak sebanyak 335 suara atau 22,33% , selanjutnya pasangan nomor urut 3 Herman Deru -Maphilinda memeroleh 315 suara atau 21% dan pasangan nomor urut 1 Eddy Santana Putra – Anisja Supriyanto meraih 243 suara atau hanya 16,20%.

“Survey ini mengambil sampel sebanyak 1.500 responden dengan metode multistage random sampling acak. Margin errornya sendiri sekitar 0,5%,”jelasnya.

Ferry melanjutkan hasil survey lembaganya juga menunjukkan 70,60% masyarakat Sumsel menginginkan pemimpin baru, adanya rasa aman, dan bebas korupsi.

Survei lainnya dilakukan oleh Lembaga Survei Pembangunan Indonesia (LSPI) yang menunjukkan persaingan ketat akan terjadi pada pasangan Alex -Ishak dan Herman Deru – Maphilinda.

Survei yang telah berlangsung pada 15 Mei – 21 Mei 2013 itu menunjukkan perolehan suara Alex – Ishak mencapai 32,17% dan pasangan Herman Deru – Maphilinda sebanyK 30,40%.

Direktur LSPI Wahyudi mengatakan potensi kedua pasangan untuk memenangkan suara dalam ajang pilkada ini cukup tinggi.

“Margin error survei ini sebesar 1,8%. Kami melihat perebutan suara akan banyak terjadi untuk kedua pasangan tersebut,”katanya.

Hasil yang sama ditunjukkan oleh lembaga survei Fast Polling Indonesia di mana Alex- Ishak memeroleh 32,38% suara dan Herman Deru – Maphilinda sebesar 27,23% suara.

Adapun pasangan Eddi Santana Putra – Anisja Supriyanto meraih 17,79% suara dan pasangan Iskandar – Hafisz Tohir sebanyak 12,18% suara.

Direktur Fast Polling Indonesia Makmun I Ridwan mengatakan survei yang dilakukan pada masa kampanye 19 Mei -23 Mei 2013 itu menggunakan 1.500 responden yang ada di 15 kabupaten/kota.

“Potensi untuk dua putaran tetap ada terutam untuk pasangan nomor urut 3 dan 4,”katanya.

Memasuki masa tenang Pilkada Sumsel yang akan berlangsung pada 6Juni 2013, terlihat sejumlah atribut kampanye pasangan cagub-cawagub Sumsel yang masih terpampang di ruas-ruas jalan raya.

Pantauan Bisnis, atribut kampanye seperti spanduk dan baliho masih berseliweran di beberapa jalan Kota Palembang pada Selasa (4/6).

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumsel Andika Pranata mengatakan seharusnya kandidat menyadari kewajiban untuk melelas atribut kampanye memasuki masa tenang saat ini.

“Kami sudah menyampaikan kepada setiap tim sukses kandidat, sudah ada yang membersihkan sebagian,” katanya.

Dia mengemukakan Bawaslu pun ikut membantu melepaskan atribut sejak Senin malam (3/6). (jibi/juanda)

Posting Komentar

0 Komentar